ilmu penunjang geografi

by agnassetiawan

Berikut adalah beberapa ilmu penunjang geografi:

Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari masalah atmosfer, misalnya,suhu, udara, cuaca, angin, dan berbagai sifat fisika dan kimia atmosfer lainnya.

Klimatologi adalah ilmu yang menyelidik imasalah iklim.

Astronomi, adalah ilmu yang mempelajari benda-benda langit di luar atmosfer bumi,misalnya, matahari, bulan, bintang, dan ruang angkasa.

Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan, terutama batu batuannya,misalnya, sejarah kejadian,komposisi, struktur, dan proses perkembangan batuan.

Geomorfologi (morfo artinya bentuk) adalah ilmu yang mempelajari tentang bentuk muka bumi dan segala proses yang menghasilkan bentuk-bentuk tersebut.

Ilmu tanah adalah ilmu yang mempelajari tanah-tanah secara keseluruhan,mencakup sifat fisik dan kimia tanah,struktur tanah, persebaran jenis tanah, dan sebagainya.

Hidrografi/hidrologi (hidro artinya air)adalah ilmu yang berhubungan dengan pencatatan, survei, serta pemetaan siklus air (tawar) yang ada di kerak bumi, baik yang berada di permukaan maupun yang ada di dalam kerak bumi, mencakup di dalamnya pola distribusi, sifat-sifat, dan karakteristik air. Turunan dari hidrologi, antara lain, limnologi (mempelajari tentang danau),hidrometeorologi (mempelajari kondisi air di udara), hidrologi fluvial (sungai), dangroundwater hidrology (hidrologi air tanah).

Oseanografi (ocean artinya laut) adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat fisik dan sifat kimia kelautan. Sifat fisik meliputi arus laut, gelombang, dan suhu air laut. Sifatkimia meliputi salinitas dan keasaman air laut. Kedua sifat tersebut berpengaruh terhadap ekosistem dan pemanfaatan laut.

Ekologi adalah ilmu tentang lingkungan hidup, mencakup di dalamnya hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya.

Biogeografi (bio artinya hidup) adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang faktor-faktor alam yang memengaruhi penyebaran makhluk hidup.

Geografi manusia adalah cabang ilmu geografi yang mengkaji tentang aspek sosial,ekonomi, dan penduduk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: