Tips menulis di blog

by agnassetiawan

Saat ini blog merupakan salah satu media sosial yang dapat membantu kita untuk menyalurkan keterampilan menulis. Apapun yang ada dalam pikiran kita dapat dengan mudah dituliskan dalam postingan blog. Akan tetapi sebagian orang menganggap menulis merupakan pekerjaan yang membosankan dan tidak ada maknanya. Sebgai seorang guru saya sendiri masih terus belajar menulis khususnya yang berkaitan dengan mata pelajaran. Menulis seringkali berkaitan dengan  “mood” seseorang, jika mood nya sedang baik maka menulis pun akan mudah dan banyak ide yang bisa dituliskan begitupun sebaliknya jika “mood” sedang jelek maka inspirasi pun sulit didapat. Membuat blog merupakan hal yang mudah sekali, tinggal memasukan data yang disediakan kemudian jadi akan tetapi yang paling susah adalah mengelola blog tersebut jika sudah jadi. Kadang kita sendiri bingung apa yang akan kita tuliskan??apakah tulisan itu dibaca nantinya atau tidak??. Seringkali orang menulis itu berpatokan pada banyaknya jumlah kata atau halaman yang dibuat, padahal tidak demikian. Tulislah apa yang ada di benak pikiran kalian baik itu kegiatan yang sudah dilakukan atau info-info seputar kehidupan. Untuk lebih jelasnya saya berikan beberapa tips menulis di blog berdsaarkan pengalaman saya

1. Usahakan minimal kita menulis satu postingan setiap hari bagi pemula , jangan sekaligus karena itu aka memberatkan. Satu postingan sehari jika dikalikan sebulan kan sudah dapat 30!! lumayan.

2. Carilah topik-topik yang paling digemari oleh pengunjung seperti tips-tips berita, hal-hal unik, resep masakan atau lainnya.

3. Jangan tergoda untuk menghiasi widget blog berlebihan. Saya pun awalnya iri ketika melihat blog orang lain penuh oleh widget yang “aneh-aneh” akan tetapi pada akhirnya kebanyakan widget akan membuat loading blog lelet dan merusak pemandangan. Pilihlah widget-widget yang penting saja seperti pagerank, link, resent comment.

4. Rajin share postingan ke FB, twitter agar menarik orang untuk membacanya.

5. Sering-seringlah membaca artikel/blog orang lain agar dapat inspirasi tentang pengembangan blog.

6. Berdoa supaya blognya sering dikunjungi…..

Sekian terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: