Pengantar Sistem Informasi Geografi

by agnassetiawan

Tidak dipungkiri lagi pemanfaatan informasi geografi yang berupa data keruangan muka bumi sudah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan ini. Hal tersebut dikarenakan data informasi geografi yang akurat akan sangat membantu terhadap proses perencanaan pembangunan suatu wilayah atau ruang di permukaan bumi ini. Sistem Informasi Geografi berkembang dengan pesat seiring dengan perkembangan perangkat komputer dan multimedia. SIG mempunyai pengertian sebagai suatu sistem berbasis komputer yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, menggabungkan, mengatur, mentransformasi, memanipulasi dan menganalisis data geografis.

Berdasarkan batasan tersebut terlihat bahwa SIG merujuk pada penggunaan kornputer dalam pengolahan data yang berbasis
keruangan. Data geografis yang dimaksud berupa data spasial (keruangan) dengan ciri-ciri sebagai berikut :
1.Memiliki geometric properties seperti koordinat dan lokasi
2.Berkaitan dengan aspek ruang seperti persil, kota, kawasan pembangunan
3.Berhubungan dengan semua fenomena yang terdapat di bumi seperti data, kejadian, gejala atau objek.
4.Dipakai untuk maksud-maksud tertentu, misaInya analisis, pemantauan atau pengelolaan.

Pengertian informasi geografis yaitu informasi berkenaan dengan tempat-tempat yang terletak di permukaan bumi, pengetahuan mengenai posisi di mana suatu obyek terletak di permukaan bumi dan informasi mengenai keterangan-keterangan (atribut) yang terdapat di permukaan bumi yang posisinya diketahui, selanjutnya objek dan lokasi tersebut penting untuk dianalisis demi pengambilan keputusan atau demi kepentingan tertentu.
Peta merupakan salah satu bentuk SIG, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pembuatan peta pun bisa dilakukan tidak dengan cara konvensional, melainkan sudah dikembangkan dengan menggunakan kornputer sehingga menjadi lebih mudah dan cepat, data yang pada awaInya berbentuk terpisah, melalui SIG akan disajikan dlam bentuk data terpadu, data dapat dioverlaykan atau ditumpang-susunkan antara peta yang satu dangan peta yang lain, ini semua sebagal hasil upaya manipulasi data.

Sistem Informasi Geografi merupakan sebuah alat bantu dalam ilmu geografi dalam mengkaji fenomena geosfer pada ruang tertentu. Teknologi Sistem Informasi Geografi dapat juga dikatakan sebagai kartografi modern karena pada dasarnya hasil dari manipulasi SIG berupa peta digital.

Tahun 1967 merupakan awal pengembangan SIG yang bisa diterapkan di Ottawa, Ontario oleh Departemen Energi, Pertambangan dan Sumber Daya. Dikembangkan oleh Roger Tomlinson, yang kemudian disebut CGIS (Canadian GIS – SIG Kanada), digunakan untuk menyimpan, menganalisis dan mengolah data yang dikumpulkan untuk Inventarisasi Tanah Kanada (CLI – Canadian land Inventory) – sebuah inisiatif untuk mengetahui kemampuan lahan di wilayah pedesaan Kanada dengan memetakaan berbagai informasi pada tanah, pertanian, pariwisata, alam bebas, unggas dan penggunaan tanah pada skala 1:250000. Faktor pemeringkatan klasifikasi juga diterapkan untuk keperluan analisis.

CGIS merupakan sistem pertama di dunia dan hasil dari perbaikan aplikasi pemetaan yang memiliki kemampuan timpang susun (overlay), penghitungan, pendijitalan/pemindaian (digitizing/scanning), mendukung sistem koordinat national yang membentang di atas benua Amerika , memasukkan garis sebagai arc yang memiliki topologi dan menyimpan atribut dan informasi lokasional pada berkas terpisah. Pengembangya, seorang geografer bernama Roger Tomlinson kemudian disebut “Bapak SIG”.

contoh SIG wilayah banjarmasin

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_geografis

Hermawan, Iwan. Geografi Sebuah Pengantar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: