Peta dan fungsinya

by agnassetiawan

Peta merupakan sesuatu yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Jika kita hendak berpergian ke suatu tempat kita dapat memanfaatkan peta sebagai alat bantu perjalanan. Peta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari geografi. Dalam geografi sebuah peta sangat membantu dalam melihat pola-pola penyebaran suatu gejala geosfer dalam unit-unit ruang tertentu. Peta mulai digunakan oleh penjelajah pada masa lalau sebagai alat bantu navigasi dalam menemukan tempat yang mereka cari. Secara sederhana peta dapat diartikan sebagai gambaran seluruh/sebagian permukaan bumi dalam bentuk datar . Istilah peta berasal dari bahasa Yunanai yaitu mappa yang berarti taplak meja. Di bawah ini beberapa definisi peta

a. ICA (International Cartographic Association)
Peta adalah gambaran atau representasi unsur-unsur ketampakan abstrak yang dipilih dari permukaan bumi yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa, yang pada umumnya digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil/diskalakan.
b.  Aryono Prihandito (1988)
Peta merupakan gambaran permukaan bumi dengan skala tertentu, digambar pada bidang datar melalui sistem proyeksi tertentu.
c.  Erwin Raisz (1948)
Peta adalah gambaran konvensional dari ketampakan muka bumi yang diperkecil seperti ketampakannya kalau dilihat vertikal dari atas, dibuat pada bidang datar dan ditambah tulisan-tulisan sebagai penjelas.
d.  Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal 2005)
Peta merupakan wahana bagi penyimpanan dan penyajian data kondisi lingkungan, merupakan sumber informasi bagi para perencana dan pengambilan keputusan pada tahapan dan tingkatan pembangunan.

Syarat sebuah peta yang baik

  • Konform, yaitu bentuk dari sebuah peta yang digambar serta harus sebangun dengan keadaan asli atau sebenarnya di wilayah asal atau di lapangan.
  • Ekuidistan, yaitu jarak di peta jika dikalikan dengan skala yang telah di tentukan sesuai dengan jarak di lapangan.
  • Ekuivalen, yaitu daerah atau bidang yang digambar di peta setalah dihitung dengan skalanya, akan sama dengan keadaan yang ada di lapangan.

Fungsi peta

  1. Menyeleksi data
  2. Memperlihatkan ukuran
  3. Menunjukkan lokasi relatif
  4. Memperlihatkan bentuk permukaan bumi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: