Prinsip geografi

by agnassetiawan

Prinsip merupakan petunjuk arah layaknya kompas. Sebagai petunjuk arah, kita bisa berpegangan pada prinsip – prinsip yang telah disusun dalam menjalani hidup tanpa harus kebingunan arah karena prinsip bisa memberikan arah dan tujuan yang jelas pada setiap kehidupan kita.  Setiap Ilmu memiliki prinsip tertentu sebagai identitas dari ilmu itu sendiri. Dalam geografi sampai saat ini terdapat 4 prinsip utama yaitu:

1. Prinsip Penyebaran (distribution)

Dengan menggunakan prinsip ini geografi dapat menjelaskan penyebaran fenomena/gejala geosfer yang terjadi di permukaan bumi baik gejala alam maupun gejala sosial.

contoh: penyebaran iklim, penyebaran ras manusia, penyebaran virus penyakit, penyebaran mineral di Indonesia dan lain-lain.

2. Prinsip Keterkaitan (Interrelation)

Dengan menggunakan prinsip ini geografi dapat memberikan gambaran mengenai keterkaitan antara gejala/fenomena geosfer satu sama lain, baik interrelasi antara gejala alam dengan gejala alam, gejala alam dengan gejala sosial maupun gejala sosial dengan gejala sosial.

contoh: Tsunami di Aceh tahun 2004 terjadi karena gempa tektonik di dasar laut yang menyebabkan pergeseran lempeng.(gejala alam dengan gejala alam). Daerah Dieng merupakan dataran tinggi/Plato sehingga mata pencaharian masyarakatnya didominasi oleh petani sayuran dan buah-buahan.(gejala alam dengan sosial).

3. Prinsip Deskripsi

Dengan bantuan prinsip ini geografi dapat memberikan gambaran mengenai fenomena geosfer yang terjadi di permukaan bumi dengan menggunakan media grafik, peta, diagram dan lainnya.

contoh: untuk melihat penyebaran bioma di dunia dapat dilihat pada peta di bawah ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: