Indonesia mengetuk hati melalui Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org

by agnassetiawan

         Suatu anugerah yang tak terkira kita dilahirkan dan dibesarkan di negeri Indonesia yang kaya akan segala macam keanekaragaman baik hayati dan non hayati. Kita sebagai seorang muslim harus senantiasa bersyukur dengan sebesar apapun nikmat yang telah Allah berikan kepada kita baik nikmat iman dan islam, nikmat kesehatan, nikmat harta dan lain sebagainya. Jika kita berkaca pada realitas kehidupan di sekitar kita masih banyak saudara-saudara kita yang masih berjuang melawan cobaan kehidupan ini. Menurut Badan Pusat Statistik jumlah penduduk miskin di Indonesia pada Maret 2012 mencapai 29,13 juta orang, sebuah angka yang dirasa masih tinggi untuk ukuran negara Indonesia yang dilihat dari segi potensi alamnya merupakan salah satu negara terkaya di dunia. Mungkin kita tidak sekaya para birokrat-birokrat yang atau pengusaha yang dapat memberikan sedekah dengan jumlah yang sangat besar, akan tetapi dengan menyisihkan sedikit rezeki yang dititipkan Allah kepada kita insyaallah akan memberi kebermanfaatan yang sama juga. Zaman sekarang media informasi sudah begitu berkembang pesat, komunikasi tanpa batasan tempat, ruang dan waktu. Bagi kita yang diberi nikmat materi yang lebih alangkah baiknya untuk menyisihkan sebagian dari karunia tersebut bagi yang membutuhkan karena dibalik rezeki yang kita terima tersebut ada hak untuk saudara-saudara kita. Berbagi rezeki bukan hanya sekedar menyucikan harta kita akan tetapi sebagai tabungan kita di akhirat nanti. Tiada istilahnya orang yang bersedekah menjadi miskin, justru dengan semakin banyak kita bersedekah maka akan bertambah pula harta  dan juga limpahan  kasih sayang  Allah SWT.

Dalam Al Quran Surat An Nissa ayat 114 dijelaskan bahwa “Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat makruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barang siapa yang berbuat demikian karena mencari keridaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar”

      Dengan hadirnya berbagai jejaring sosial di internet maka berbagai kemudahan dalam memberikan donasi untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan. Salah satu lembaga yang zakat yang sudah banyak menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu adalah Lembaga Zakat Dompet Dhuafa. Lembaga zakat yang mulai berdiri pada 4 September 1994 ini merupakan wujud kepedulian masyarakat terhadap berbagai masalah kemanusiaan yang terjadi di Indonesia seperti kemiskinan, bencana alam, pendidikan dan lain sebagainya. Sekarang ini Lembaga Zakat Dompet Dhuafa mendirikan kembali sebuah jejaring sosial  Marimembantu.org untuk mempermudah masyarakat yang ingin menyisihkan sebagian rezekinya bagi saudaranya yang kurang mampu.  Sangat mudah sekali bersedekah secara online dengan  Marimembantu.org. Berikut review singkat bagaimana cara masuk ke akun Marimembantu.org

  1. Buka search engine misalkan google kemudian ketikkan marimembantu.org

2. Setelah itu anda akan langsung masuk di web marimembantu.org

3. Ada 2 pilihan yaitu permohonan bantuan dan mendonasi, login bisa dilakukan menggunakan akun twitter dan facebook.

4. Setelah itu anda tinggal mengisi data-data yang diberikan lalu pembayaran dilakukan melalui sistem iPayMu.

5. Untuk lebih mengetahui secara detail tentang tata cara mendonasi melalui marimembantu.org anda dapat mengklik page ‘Cara Kerja”

     Manfaatkanlah jejaring sosial untuk melalukan sesuatu yang bermanfaat dan menumbuhkembangkan solidaritas antar sesama bukan sebagai media saling menghujat, memprovokasi dan lain sebagainya yang dapat menghancurkan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita sebelumnya pernah melihat di Televisi tentang fenomena “koin untuk Prita” di jejaring sosial facebook sebagai bentuk solidaritas masyarakat terhadap kasus yang sedang melilitnya. Dalam waktu relatif singkat saja koin-koin uang recehan sumbangan masyarakat bisa mencapai angka yang luar biasa dan dapat membantu meringankan beban korban. Melihat fenomena tersebut dapat dilihat bahwa masyarakat Indonesia masih memiliki rasa persaudaraan dan kekeluargaan yang tinggi satu sama lain. Kita sebetulnya sudah terjebak dalam sistem kapitalisme barat yang membuat jurang si kaya dan si miskin menjadi sangat lebar. Saya hanya mengingatkan kepada seluruh umat muslim di Indonesia agar kembali ke jalan yang sesuai dengan Al Quran dan Hadist.

Bayangkan jika ada 1.000.000 orang mampu yang bersedekah Rp.1000 saja tiap hari melalui akun marimembantu.org maka akan terkumpul sebanyak Rp 1 Milyar per hari dan itu merupakan jumlah yang sangat besar dan bisa membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan. Jika dihitung per hari sudah mencapai nominal sedemikian besar maka berapa nominal lagi yang dihasilkan jika dikumpulkan tiap minggu, bulan bahkan tahun. Saya yakin masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang memiliki jiwa kekeluargaan yang sangat tinggi. Bukan tidak mungkin dengan hadirnya jejaring zakat ini nantinya akan meringankan beban pemerintah dalam mengelola penduduk yang masih berada dalam garis kemiskinan. Dengan hadirnya Jejaring sosial ini pula diharapkan nantinya akan tumbuh dan berkembang di tiap daerah berbagai lembaga zakat lain yang memiliki niat dan tujuan yang sama. Jadi marilah kita memulai salah satu bentuk perjuangan membangun Indonesia yang lebih baik dengan bersedekah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: