first teacher award

by agnassetiawan

Tak pernah terpikirkan sebelumnya seorang guru pemula seperti saya bisa mengikuti event-event semacam lomba guru baik itu tingkat kabupaten, propinsi atau nasional. Dulu yang saya pikirkan hanya sekedar mengajar di kelas lalu pulang ke rumah. Akan tetapi setelah setahun mengajar dan mengadu nasib di Kalimantan ternyata saya mendapatkan suatu hal bahwa ketika anda berpindah ke suatu tempat haruslah ada perubahan yang menyertainya, tentunya perubahan yang mengarah kepada kebaikan. Ketika menjadi guru honorer selepas menyelesaikan kuliah S1 saya tidak sama sekai mengenal apa yang namanya blog. Barulah setelah menetap di Kalimantan di sela waktu senggang saya mencoba belajar membuat blog. Memang awalnya aga susah untuk mengelola blog, karena masih bingung apa yang harus saya tulis dalam blog tersebut. Blog pertama saya buat sekitar bulan Maret 2012 dan karena saya seorang guru maka tulisan yang saya posting pasti seputar bahan materi pelajaran khususnya geografi. Lama kelamaan ternyata aktifitas mengisi blog menjadi sesuatu yang menyenangkan. Selama bulan Maret hingga sekarang saya berupaya menambah ilmu saya tentang cara mengelola blog dari searcing di internet. Pada suatu kesempatan saya mendapati di internet terdapat informasi lomba blog guru tingkat provinsi Kalimantan Selatan. Meski pada awalnya merasa ragu dan minder, saya mencoba mengikuti lomba tersebut dengan motivasi hanya untuk mencari pengalaman dan menambah teman. Disamping itu blog saya hanya baru seumur jagung dan isinya belum optimal. Saya kemudian mengajukan ke kepala sekolah untuk mewakili sekolah di lomba blog guru tersebut, memang syarat-syaratnya cukup berat. Singkat cerita saya kemudian terpanggil untuk masuk semifinalis dan harus mempresentasikan hasil karya saya di depan juri. Saya sempat tidak percaya di keikutsertaan saya yang pertama bisa langsung masuk semifinal. Kemudian setelah presentasi sampai jam 2 malam di Banjarbaru keesokan harinya diumumkan hasil dari lomba tersebut. Ternyata blog saya masuk juara harapan 1.Saya terkejut sekali bisa mendapat penghargaan tersebut padahal saya baru belajar menulis di blog kurang dari 1 tahun. Memang rezeki itu bisa datang dari hal yang tak terduga sebelumnya. Menulis itu memang banyak sekali manfaatnya, selain sebagai sarana berbagi dapat juga sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi kita sebagai guru. Untuk itu saya mengajak guru-guru di Indonesia untuk membudayakan menulis. Karena dengan menulis secara tidak langsung kita telah mengabadikan suatu ilmu pengetahuan dan dapat bermanfaat bagi generasi kita selanjutnya. Salam guru Indonesia.

Leave a Reply

