konsep utama geografi

by agnassetiawan

Geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang suatu wilayah dan karakteristiknya. Di Indonesia dikenal 10 konsep esensi geografi menurut Ikatan Geograf Indonesia. Sebagai bahan perbandingan  National Council for Geographic Education and the Association of American Geographers mengemukakan 5 konsep esensi geografi yaitu:

1. Lokasi

Studi Geografi pertamakali pasti menjelaskan tentang lokasi. Lokasi terbagi 2 yaitu lokasi absolut dan lokasi relatif. Lokasi absolut yaitu lokasi menurut garis lintang dan garis bujur, alamat jalan, atau sistem pewilayahan yang memiliki batas yang absolut, sedang lokasi relatif adalah lokasi menurut karakteristik lingkungan atau hubungannya dengan wilayah yang lain.

2. Tempat

Tempat menggambarkan karakteristik manusia dan fisik dari sebuah lokasi. Karakteristik fisik dapat menggambarkan pegunungan, sungai, flora fauna, lembah, pantai dan lain sebagainya. Karakteristik manusia dapat dilihat dari mata pencaharian, kebudayaan, adat, agama dan lain sebagainya.

3. Interaksi Manusia-Lingkungan

Konsep ini mempertimbangkan bagaimana manusia beradaptasi dan merubah sebuah lingkungan dari lingkungan alami menjadi lingkungan binaan. Selain itu dampak positifa dan negatif akibat aktivitas manusia dalam mengelola lingkungan juga diperhatikan.

4. Pergerakan (mobilitas)

Manusia merupakan mahluk dinamis. Konsep mobilitas ini menjelaskan pergerakan manusia baik dalam suatu wilayah atau antar wilayah di permukaan bumi ini.

5. Region

Region merupakan suatu wilayah yang memiliki karakteristik tertentu baik fisik maupun sosialnya.  Region dibagi 3 yaitu

Formal region yaitu wilayah yang relatif homogen dan dijelaskan dengan suatu pembatas yang jelas, seperti desa, kota, kabupaten, negara.

Fungsional regional yaitu wilayah yang sudah memiliki pengaruh terhadap wilayah lain dan memiliki fungsi tertentu. Misal di amerika serikat terdapat Corn Belt yang menunjukkan wilayah-wilayah penghasil jagung.

Wilayah Vernacular yaitu penamaan wilayah berdasarkan arah seperti “Timur Tengah”, “Wilayah Selatan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: