Selayang Profil Barito Kuala

by agnassetiawan

Pada postingan kali ini saya mendeskripsikan sedikit tentang keadaan geografis wilayah tempat saya bekerja saat ini yaitu Kabupaten Barito Kuala. Tulisan ini berdasarkan dari beberapa sumber yang telah dibaca. Barito Kuala merupakan salah satu Kabupaten yang terdapat di Propinsi Kalimantan Selatan dengan luas wilayah  3284 km² dan berpenduduk 276.066 jiwa . Kabupaten ini terbentuk berdasarkan UU no 27 tahun 1959 dengan ibukota Marabahan. Letak astronomis Kabupaten Barito Kuala berada pada 2°29’50” – 3°30’18” Lintang Selatan dan 114°20’50” – 114°50’18” Bujur Timur. Kabupaten Barito Kuala didominasi oleh daerah rawa datar kelerengan 0% – 2% dan ketinggian elevasi berkisar antara 1-3 meter di atas permukaan laut.

Kabupaten Barito Kuala terbagi menjadi 3 Sub Wilayah Pembangunan yaitu:

Sub Wilayah Pembangunan I dengan pusatnya Marabahan, meliputi kecamatan Marabahan (kec. pemekaran Bakumpai), Bakumpai (15 desa, 3 kelurahan), Cerbon (8 desa), Barambai (10 desa), Tabukan (13 desa), Kuripan (9 desa), Belawang (28 desa) dan Wanaraya (kec. pemekaran Belawang)

Sub Wilayah Pembangunan II dengan pusatnya Berangas, meliputi kecamatan Alalak (18 desa), Rantau Badauh (9 desa, 2 kelurahan) dan Mandastana (21 desa)

Sub Wilayah Pembangunan III dengan pusatnya Tamban, meliputi kecamatan Tamban (16 desa), Anjir Pasar (15 desa), Anjir Muara (15 desa),Mekarsari (9 desa) dan Tabunganen (14 desa).

Wilayah Barito Kuala diapit oleh dua sungai besar yaitu Sungai Barito dan Sungai Kapuas. Sungai ini banyak dimanfaatkan untuk kepentingan transportasi khususnya pengangkutan batubara. Wilayah Barito Kuala sangat dipengaruhi oleh keadaan pasang surut air. Pertanian yang banyak dilakkukan warga di daerah ini adalah pertanian rawa pasang surut. Kondisi air di sini memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi yaitu 3,5-4,5 dikarenakan jenis tanahnya yang didominasi tanah gambut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: