Teori Pergerakan Benua

by agnassetiawan

Bumi merupakan planet yang dinamis. Sejak pertamakali terbentuk  bumi terus melakukan perkembangan khususnya di permukaan bumi hingga saat ini. Bumi telah melewati beberapa tahapan sebelum dapat dihuni oleh manusia modern. Menurut teori terbaru, lapisan kulit bumi merupakan lapisan tipis yang mengapung di atasa lapisan magma cair dalam perut bumi. Hingga saat ini ada beberapa teori mengenai pergerakan benua. Beberapa teori mengenai pergerakan muka bumi diantaranya:

1. Continental drift (Apungan Benua)

Teori ini dikemukakan oleh Alfred Lothar Wegener pada 1912. Ia berpendapat bahwa dahulu kala benua yang ada saat ini awalnya merupakan sebuah superkontinent yang bernama Pangaea. Benua raksasa tersebut kemudian pecah menjadi benua yang ada saat ini. Namun bukti tentang hipotesa Wegener tersebut masih belum ditemukan.

2. Teori kontraksi

Teori ini dikemukakan oleh Descrates. Ia berpendapat bahawa dahulu kala bumi merupakan sebuah bola panas yang lambat laun permukaannya menyusut dan mengkerut dikarenakan proses pendinginan. Hasil dari pengkerutan dan penyusutan tersebut berupa gunung, lembah dan lainnya.

3. Teori Laurasia dan Gondwana

Teori ini dikemukakan oleh Edward Suess, yang berpendapat bahwa dahulu kala di bumi hanya da 2 benua besar yaitu Laurasia di Utara dan Gondwana di Selatan. Benua tersebut kemudian pecah dan sisanya adalah benua yang ada saat ini.

4. Plate tectonic (Tektonik lempeng)

Teori ini diperkenalkan Tozo Wilson. Teori ini merupakan pengembangan dari teori continental drift yang beranggapan bahwa kerak bumi ini terdiri dari lempengan-lempengan tipis yang bergerak diatas lapisan magma cair. Lempengan tersebut bergerak dikarenakan terdapatnya arus konveksi di perut bumi akibat magma panas tersebut.

 

Beberapa bukti bahwa dahulu benua yang ada saat ini pernah bersatu diantaranya:

  • Kesamaan garis pantai timur Amerika Selatan dan Afrika Barat
  • Kesamaan fosil yang ditemukan di beberapa tempat.
  • Adanya pemekaran lantai samudera Atlantik (sea floor spreading).

Untuk bahasan mengenai lempeng-lempeng tektonik yang ada di bumi ini akan diberikan di postingan selanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: