AIR MAYA UNTUK KEHIDUPAN NYATA

by agnassetiawan

Air …..sebuah kata yang memiliki 3 huruf namun begitu besar pengaruhnya bagi kehidupan seluruh mahluk di planet ini. Setiap mahluk yang bernafas di bumi memerlukan air sebagai  penopang kehidupan. Sekilas kita hanya selalu melihat air dari segi wujud aslinya di permukaan bumi baik hujan, aliran sungai, genangan, danau, laut dan lain sebagainya. Mungkin kita tidak sadar dan menyepelekan akan keberadaan  air maya yang jika dioptimalkan dapat menjadi sumber pendapatan negara yang luar biasa. Wah ternyata air pun ada istilah maya juga ya…tidak kalah dengan dunia maya seperti TV, Internet yang selama ini kita kenal.  Lalu..apa yang dimaksud air maya itu? Air maya adalah air yang yang diperlukan untuk menghasilkan sautu produk pertanian atau barang konsumsi. Kita mungkin tidak sadar bahwa di kehidupan sehari-hari kita telah mengonsumsi air maya yang tersembunyi di dalam sayuran, buah-buahan, susu, telur, daging dan lain sebaginya. Secara geografis Indonesia terletak di wilayah khatulistiwa sehingga dalam klasifikasi iklim termasuk tropical moonson. Intensitas hujan di setiap daerah hampir merata dan menyebabkan kondisi tanahnya subur. Indonesia kita kenal dari dahulu sebagai negara agraris yaitu sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Negeri ini dianugerahi dengan keanekaragaman jenis flora dan fauna yang melimpah di setiap daerah akan tetapi dalam kenyataannya saat ini Indonesia masih mengimpor jenis-jenis komoditas yang mengandung air maya dari negara lain. Hal tersebut menandakan bahwa ada hal yang harus diperbaiki dalam manajemen air di negara ini. Negara indonesia ini harusnya bisa menjadi basis komoditas agrikultur di dunia dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Ada pendapat yang mengatakan bahwa jika ingin menghancurkan sebuah negara maka hancurkanlah sistem hidrologinya. Air maya merupakan salah satu bagian dari sistem hidrologi sebuah negera. Sistem tersebut haruslah dipelihara dan dikelola dengan baik agar menjadi sistem pertahanan negara. Negara-negara maju seperti Jepang, Amerika bahkan Thailand sudah mampu mengelola air maya ini menjadi sebuah produk unggulan yang menjadi basis ekspor mereka. Pemerintah selaku pemangku kebijakan publik harus mampu mengolah air maya ini menjadi sumber daya yang potensial untuk kesejahteraan bangsa karena air maya merupakan bagian dari kehidupan nyata manusia.

Dalam data di bawah ini dapat dilihat perbandingan kandungan air maya yang terdapat dalam tiap komoditas pertanian

Komoditas

Jumlah air maya ( m3/ton)

Kentang

160

Jagung

450

Susu

900

Gandum

1200

Kedelai

2300

Padi

2700

Unggas

2800

Telur

4700

Keju

5300

Daging

16000

Sumber:  Kompas/ Selasa 18 Maret 2003/ Halaman 9

Dari data di atas dapat dilihat bahwa komoditas pertanian mengandung jumlah air maya yang cukup banyak. Beberapa usaha yang dapat dilakukan agar Indonesia dapat menjadi negara maju di bidang ekspor air maya dan mengurangi ketergantungan impor air maya diantaranya adalah

  1. Revitalisasi pengelolaan sistem pertanian
  2. Menambah sentra-sentra pusat pertanian di Indonesia
  3. Sosialisasi teknologi pertanian kepada masyarakat petani
  4. Menghemat konsumsi air baik rumah tangga maupun industri

Begitulah gambaran tentang air maya dan kebermanfaatannya bagi kehidupan, semoga kita selaku masyarakat semakin bijak dalam menggunakan air dalam kehidupan kita sehari-hari.

air maya dalam sayuran dan buah-buahan

Air maya dalam sayuran dan buah-buahan

 

Air maya dalam hewan ternak

Air maya dalam hewan ternak

Sumber Gambar:

Tags:

2 Comments to “AIR MAYA UNTUK KEHIDUPAN NYATA”

  1. bagaimana cara memanfaatkan air maya dalam kehidupan sehari2??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: