Gunung Api Terindah di Indonesia

by agnassetiawan

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbentuk dianatara pertemuan 4 lempeng tektonik dunia. Keadaan geologis ini menyebabkan Indonesia memiliki banyak gunung api yang tersebar mulai dari Pulau Sumatera hingga Papua. Dibalik bencana yang selalu mengintai akibat letusannya, gunung api Indonesia menyimpan keindahan-keindahan panorama yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah 5 gunung api di Indonesia dengan keindahannya

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo terletak di Propinsi Jawa Timur berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten ProbolinggoPasuruanLumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo  masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki lautan pasir seluas 5.250 Ha. Gunung Bromo terletak pada ketinggian 2.392 mdpl. Panorama Gunung Bromo sangat indah apabila dilihat dari tepi dinding kaldera. Ketika pagi tiba anda dapat melihat sunrise yang luar biasa dan menakjubkan dengan pemandangan kompleks pegunungan dnegan lautan pasirnya. Gunung Bromo masih aktif dan terakhir meletus tahun 2010.

Kaldera Bromo

Kaldera Bromo

2. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani berlokasi di Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat. Gunung RInjani merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha. Gunung Rinjani memiliki kawah dengan lebar sekitar 10 km, terdapat danau kawah yang disebut danau Segara Anak dengan kedalaman sekitar 230m. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Danau Segara Anak ini banyak terdapat ikan mas dan mujair, sehingga sering digunakan para pendaki untuk memancing.

Kawah Rinjani

Kawah Rinjani

3. Gunung Tangkubanperahu

Gunung Tangkubanperahu terletak di Kabupaten Bandung Jawa Barat. Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 mdpl. Disekitar gunung Tangkubanperahu terdapat hutan pinus yang luas dan perkebunan teh yang terhampar indah. Ada 2 kawah  di gunung ini  yaitu kawah Ratu dan kawah Domas. Kawah Ratu merupakan kawah terbesar sedangkan Kawah Domas merupakan kawah kedua yang didalamnya terdapat aktifitas solfatar dan fumarol. Jika anda ke kawah Domas anda dapat berendam sejenak di sumber air panas atau mencoba memasak telur di sumber mata air panas.

Kawah Tangkubanperahu

Kawah Tangkubanperahu

4. Gunung Batur

Gunung Batur merupakan gunung api yang terdapat di Kecamatan Kintamani, Kabupaten BangliBaliIndonesia. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.500 mdpl. Terletak disebelah barat Gunung Agung, gunung ini memiliki kaldera berukuran 13,8 x 10 kilometer dan merupakan salah satu yang terbesar dan terindah di dunia. Pematang kaldera tingginya berkisar antara 1.267 meter hingga 2152 meter. Di dalam kaldera pertama terbentuk kaldera kedua yang bentuknya melingkar dengan garis tengah kurang lebih tujuh kilometer. Tahun 2012 kawasan Gunung Batur diresmikan sebagai kawasan Geopark Unesco.

Gunung Batur

Gunung Batur

5. Gunung Kelimutu

Gunung Kelimutu terletak di Pulau Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur tepatnya di di Desa Pemo, Kecamatan KelimutuKabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu. Sejumlah ilmuwan mengatakan, perubahan warna yang terjadi di air danau diakibatkan proses geologi dan kimia di dasar danau. Perubahan jumlah mineral di dasar danau menyebabkan warna airnya berubah dari waktu ke waktu. Perubahan ini juga mungkin disebabkan pantulan cahaya matahari dan populasi bakteri di dalam air.

Kawah Kelimutu

Kawah Kelimutu

Sumber Gambar:

3 Comments to “Gunung Api Terindah di Indonesia”

  1. whatta beautifull this crater ..

  2. Bromo Tanjung Pondok Tani
    Dalam rangka memperkenalkan “Tengger-Bromo” dari segala aspek, menginap di pondok tani tanjung-tosari, ^*DI HARI KERJA CUKUP MAMBAYAR DNG SUKARELA (TANPA TARIF)*^
    * rute: pasuruan-warungdowo-ranggeh-pasrepan-puspo-tanjung KM 99.(Tanjung Pondok Tani) -> (Baledono-Tosari)
    TARIF HARI LIBUR :
    @.kamar los + 2 km mandi luar, dapur, teras serba guna, kapst: 8 s/d 16 orang. Rp.250.000,-/malam.
    @.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 4 s/d 6 orang. Rp.150.000,- /malam.
    @ fasilitas:.dapur,. kulkas,. ruang makan,. teras serba guna (4 x 12 m),. halaman api unggun,. tempat parkir unt 6 mobil,. kebun sayur.
    # hub per sms/tlp: 081249244733 – 085608326673 ( Elie ) 081553258296 (Dudick).
    # Informasi di Facebook dengan nama : Bromo Tanjung Pondok Pertanian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: