Vulkanisme dan Gejalanya

by agnassetiawan

Vulkanisme dapat diartikan sebagai sebuah aktivitas yang berkaitan dengan penerobosan magma dari perut bumi hingga menuju permukaan bumi. Vulkanisme sering diidentikan dengan kegiatan erupsi gunung api, akan tetapi kegiatan vulkanisme tidak sebatas pada keluarnya lava dari gunung api. Beberapa fenomena yang biasa terjadi dalam aktivitas vulkanisme diantaranya adalah

1. Solfatar : adalah gas sulfur/belerang yang keluar dari dalam bumi. Solfatar mudah dikenali karena baunya yang busuk seperti kentut dan jika dalam tingkat konsentrasi tinggi dapat berbahaya bagi mahluk hidup.

Solfatar

Solfatar

2. Fumarol: adalah uap air yang keluar dari rekahan-rekahan bumi. Fumarol juga dapat diartikan sebagai mata air panas yang terdapat di permukaan bumi.

Fumarol

Fumarol

3. Mofet: adalah gas asam arang (CO2) yang keluar dari kawasan gunung api. Gas ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian jika dihirup manusia.

Mofet

Mofet

4. Geyser: adalah semburan air panas yang berasal dari dalam perut bumi. Semburan tersebut diakibatkan oleh tekanan yang tinggi dibawah permukaan bumi.

Geyser

Geyser

2 Comments to “Vulkanisme dan Gejalanya”

  1. infomasi ini sangatlah berguna. terimakasih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: