Yuk… kita jaga kelestarian lingkungan DAS (Daerah Aliran Sungai)

by agnassetiawan

Air adalah sumber kehidupan, tidak dipungkiri lagi mahluk hidup di bumi ini sangat bergantung pada air. Dimana ada air disitulah terdapat sebuah kehidupan. Salah satu pengatur sistem air di permukaan bumi adalah Daerah Aliran Sungai (DAS). Kita tentu sering mendengar yang namanya Daerah Aliran Sungai (DAS) atau dalam bahasa inggris dinamakan watershed. Secara sederhana Daerah Aliran Sungai (DAS) dapat diartikan sebagai suatu  tempat berkumpulnya curahan air yang nantinya akan dialirkan melalui sungai-sungai kecil (parit, selokan) hingga menuju sungai utama. Artinya misalkan jika hujan jatuh di rumahmu, kemudian mengalir ke selokan dan menuju Sungai Citarum maka kamu disebut sebagai warga DAS Citarum. Departemen Kehutanan memberikan batasan definisi DAS yaitu suatu daerah tertentu yang bentuk dan sifat alamnya sedemikian rupa, sehingga merupakan  kesatuan dengan sungai dan anak-anak sungainya yang melalui daerah tersebut dalam fungsinya untuk menampung air yang berasal dari curah hujan dan sumber air lainnya. Untuk lebih jelasnya mengenai bagaimana gambaran DAS bisa dilihat pada gambar dibawah ini

Ilustrasi DAS

Ilustrasi DAS

DAS merupakan merupakan suatu sistem yang didalamnya terdapat komponen biotik dan abiotik yang saling berinteraksi. Jika salah satu komponen mengalami gangguan maka akan berakibat pada menurunnya fungsi DAS tersebut.  DAS berfungsi sebagai penghasil air baik untuk sungai maupun air tanah. Indonesia merupakan negara yang di setiap pulau memiliki DAS yang beranekaragam. Saat ini pengelolaan DAS menjadi masalah yang harus segera diatasi, khususnya di daerah yang padat penduduknya. DAS merupakan salah satu sumber air bagi masyarakat di daerah perkotaan. Akhir-akhir ini di berita kita sering melihat bencana banjir yang melanda kota-kota di Indonesia yang salah satunya diakibatkan oleh kerusakan lingkungan DAS baik di daerah hulu maupun hilir.

Sampah di Sungai Citarum

Sampah di Sungai Citarum

Di Pulau Jawa beberapa wilayah DAS sudah mulai beralihfungsi menjadi lahan-lahan pemukiman atau pabrik yang tidak diiringi oleh sistem pengelolaan limbah yang baik. Limbah rumah tangga dan pabrik dibuang ke sungai sehingga menimbulkan pencemaran air. Pengelolaan DAS secara terpadu sangatlah penting guna menjaga kelestarian lingkungan demi kesejahteraan masyarakat sekitarnya. Kita sebagai masyarakat juga harus berpartisipasi dalam menjaga kelestarian DAS dengan melakukan langkah-langkah kecil seperti:

1. Stop!! membuang sampah ke sungai

Sampah merupakan salah satu faktor terhambatnya aliran air di sungai. Penumpukan sampah dalam jangka panjang akan berakibat pada timbulnya bencana seperti banjir dan pencemaran. Kita sebagai masyarakat harusnya sadar dan peduli akan kebersihan sungai dengan tidak lagi membuang sampah atau limbah ke sungai.

ilustrasi_sayno_sampah_x

2. Menjaga kelestarian vegetasi di sekitar sungai

Tumbuhan berfungsi sebagai penahan dan peresap air dan mencegah erosi. Selain itu tumbuhan juga berfungsi sebagai penyimpan air yang baik. Oleh sebab itu wilayah sekitar sungai utama haruslah memiliki vegetasi yang baik dan bebas dari bangunan-bangunan yang nantinya akan menghambat proses resapan air. Masyarakat yang tinggal dekat dengan bibir sungai harus berpartisipasi dengan menanam vegetasi-vegetasi secara berkala.

reboisasi-penghijauan-1

3. Program bersih selokan/sungai secara rutin

Selokan sebagai sarana penyalur air ke sungai utama haruslah tetap bersih dan bebas dari sampah. Aktivitas manusia yang tinggi dan kesadaran yang rendah akan kebersihan mengakibatkan selokan-selokan seringkali penuh sampah dan menghambat laju air permukaan. Program gotong royong membersihkan selokan atau sungai perlu dilakukan oleh masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan kita.

warga_jatipulo

DAS adalah bagian dari kehidupan kita dan sudah sepantasnya kita pula yang harus menjaga keseimbangan lingkungannya untuk keberlanjutan generasi di masa yang akan datang. Airku masa depanku.

Sumber gambar:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: