Faktor Lokasi Industri

by agnassetiawan

Suatu industri didirikan dengan mempertimbangkan beberapa faktor tertentu. Hal tersebut diupayakan untuk menekan ongkos produksi dan memaksimalkan keuntungan. Beberapa pertimbangan penentuan lokasi industri adalah sebagai berikut

  • Bahan mentah/bahan baku

Sebuah industri didirikan dekat dengan bahan baku apabila komoditas yang dihasilkan akan lebih untung jika diproduksi dekat bahan baku. Faktor-faktor yang menyebabkan suatu industri didirikan dekat dengan lokasi bahan baku diantaranya:

  1. Bahan baku yang digunakan mudah rusak.
  2. Biaya angkut bahan baku lebih mahal dibandingkan biaya angkut barang jadi.
  3. Volume bahan baku lebih berat dibandingkan barang jadi.

Contoh industri yang mempertimbangkan lokasi bahan baku adalah industri semen, peternakan, pertanian dan bahan galian.

Industri Semen

Industri Semen

  • Pasar

Industri yang didirikan dekat lokasi pemasaran biasanya tidak memiliki kesulitan dalam mencari bahan baku karena tersedia di daerah sekitarnya. Beberapa pertimbanganlokasi industri yang didirikan dekat lokasi pemasaran diantaranya:

  1. Bahan baku/bahan mentah mudah diperoleh.
  2. Produk yang dihasilkan mudah rusak/ tidak tahan lama.
  3. Wilayah pemasaran yang luas.
  4. Bahan baku tahan lama/ tidak mudah rusak.
  5. Biaya angkut produksi lebih mahal dari biaya ongkos bahan baku.

Contoh dari industri yang sering didirikan dekat dengan lokasi pemasaran diantaranya: industri makanan dan minuman, industri pakaian, industri perakitan.

  • Transportasi

Industri yang didirikan dekat dengan sarana transportasi biasanya mempertimbangkan biaya angkut dan kemudahan dalam penyaluran hasil produksi. Dengan sarana transportasi yang mudah dan memadai maka proses pendistribusian barang akan lebih efisien dan tidak memerlukan ongkos yang lebih besar. Pada dasarnya semua industri memerlukan sarana dan prasarana transportasi yang baik untuk mengembangkan kegiatannya. Tanpa adanya transportasi maka penyaluran barang ke konsumen tidak akan terjadi.

  • Tenaga kerja

Industri yang didirikan dekat dengan sumber tenaga kerja biasanya adalah industri yang memerlukan tenaga terampil khusus untuk mengolah produknya. Selain itu industri yang berorientasi tenaga kerja biasanya adalah industri yang memerlukan jumlah tenaga kerja yang banyak. Contoh dari industri ini adalah: industri batik, industri rokok.

Industri Rokok

Industri Rokok

  • Energi

Industri yang didirikan dekat dengan sumber energi adalah industri yang memerlukan sumber energi yang besar dan melimpah untuk proses produksinya. Contoh dari industri ini adalah industri Pembangkit Listrik Tenaga Air, industri batu bara, industri baja.

PLTA

PLTA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: