Penduduk Indonesia..Ayo Bersih-Bersih!

by agnassetiawan

“Kebersihan adalah sebagian dari iman”

Kalimat di atas bukanlah sembarang kalimat, melainkan hadist Rasul SAW yang menganjurkan umatnya untuk selalu menjaga kebersihan baik itu kebersihan jiwa dan raga. Tuhan sangat menyukai umatnya yang selalu bersih. Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi terbanyak di dunia no 4 dibawah China, India dan Amerika. Dengan jumlah penduduk yang banyak tersebut, maka dipastikan jumlah sampah hasil aktivitas manusia akan meningkat. Di kota-kota besar khususnya di Pulau Jawa, pengelolaan sampah menjadi suatu masalah yang begitu rumit. Di media massa tentu seringkali dilihat tentang bagaimana kotornya beberapa kota di Indonesia. Ada apa dengan masyarakat Indonesia?apakah sudah tidak peduli lagi dengan kebersihan?

Kebersihan penduduk merupakan suatu cerminan karakter dari negara itu sendiri. Jika penduduknya rajin bersih-bersih maka dunia internasional akan mengakui Indonesia sebagai negara yang bersih. Kita lihat negara-negara lain seperti Singapura, Jepang, Malaysia, mereka sangat consern sekali akan kebersihan warganya, bahkan di Singapura meludah sembarangan pun katanya kena sanksi. Itulah bentuk ketegasan dari pemimpin negara supaya penduduknya mencintai kebersihan. Sungai-sungai di Jepang dahulu kala sama kotornya dengan sungai yang di Jakarta saat ini, akan tetapi dengan kebijakan pemerintah dan perubahan pola pikir masyarakat, sungai di Jepang kini bersih dan indah dilihat setelah berpuluh-puluh tahun. Suatu fakta yang tak terbantahkan bahwa negara/bangsa yang mayoritas penduduknya non muslim memiliki karakter sebagai seorang muslim, sedangkan negara/bangsa yang mayoritas penduduknya muslim tidak memiliki sifat/karakter seorang muslim sejati (dalam hal ini menjaga kebersihan diri).

kotaksampahdikoen

Indonesia terkenal dengan budaya gotong-royong sejak dulu. Setiap seminggu sekail baisanya di kampung atau di perumahan sering diadakan kegiatan bersih-bersih lingkungan, manfaatnya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan menjalin tali silaturrahim antar warga. Sekarang ini budaya tersebut seolah sudah mulai luntur, bersih-bersih diserahkan kepada petugas kebersihan dengan jalan diupah. Saya rasa pemerintah harus menguatkan kembali budaya gotong-royong yang satu ini, agar penduduk lebih sadar akan tanggung jawabnya terhadap kebersihan lingkungan sekitar.

Di Jakarta sungai-sungai kini penuh dengan sampah dan ketika musim hujan akibatnya banjir. Ketika banjir melanda,  penduduk tanpa sadar melampiaskan kekesalan pada pemerintah karena dianggap tidak mampu mengelola lingkungan, padahal masyarakat pun turut andil menyumbang sampah yang menyebabkan banjir tersebut. Pemerintah pun hanya membuat kebijakan yang menyangkut pembangunan infrastruktur pengendali banjir. Memang bagus membuat infrastruktur/ perbaikan sarana kebersihan, akan tetapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana menumbuhkan kembali karakter/watak/sifat penduduk itu sendiri dalam memanage lingkungan sekitarnya mulai dari lingkungan rumah.

Saya pikir pemerintah harus berusaha membangkitkan lagi karakter cinta kebersihan di seluruh penduduk indonesia, salah satunya dengan memanfaatkan media massa seperti TV, blog, koran , majalah dan lainnya. Mungkin harus dibuat lagi iklan-iklan masyarakat di stasiun TV tentang pentingnya menjaga kebersihan dan digelorakannya kembali budaya gotong royong. Buatlah iklan semenarik mungkin dengan intensitas tayang yang cukup tinggi, masa kalah dengan ikaln-iklan komersil yang lain?.  Selain itu rasanya cukup wajar pula jika setiap sebulan sekali dii akhir pekan diadakan cleaningday  (hari bersih) di setiap kecamatan/kotaselama beberapa jam saja dari pagi, jadinya penduduk akan bahu-membahu seluruhnya membersihkan lingkungan selama beberapa jam. Hal tersebut harus diatur di setiap kecamatan/kota tentunya agar menjadi rutinitas warga yang harus dijalankan.

Kebersihan merupakan tanggung jawab kita bersama, mulai dari diri pribadi. Jika budaya kebersihan sudah tertanam di dalam diri penduduk Indonesia, maka insyaallah tidak ada lagi sampah di sungai, selokan, pinggir jalan dan dimana-mana yang merusak keindahan lingkungan. Mari kita bangun kembali karakter penduduk Indonesia yang bersih agar hati kita, jiwa kita, raga kita senantiasa bersih dan sehat.

Buang_Sampah

“Innallaha la yi ghyyiru ma biqoumin hatta yughoyyiru maa bianfusihim” 
“Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum melainkan mereka mengubah nasib mereka sendiri”

Indonesia bersih? BISA!!!!everthing is possible, don’t talk again, act now!

Terimakasih. Wassalam

Gambar:

http://www.homebodyworld.com/wp-content/uploads/2011/02/Buang_Sampah.jpg

http://www.closertojapan.com/nesia/wp-content/uploads/2010/01/kotaksampahdikoen.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: