Tidak tahu Peta Indonesia?????

by agnassetiawan

Suatu malam saya piket di asrama, karena ada salah satu siswa yang minta belajar tambahan. Materi yang saya berikan waktu itu adalah tentang kegunungapian di Indonesia. Saya kemudian menyuruh anak tersebut membuat peta Indonesia dalam kertas. Dan ternyata ia tidak bisa membuat peta Indonesia. Lalu saya buat peta Indonesia da menyuruh ia menunjukkan pulau-pulau di Indonesia, dan ternyata ia tidak bisa menunjukkan nama pulau-pulau yang ada di Indonesia. OMG…alias OH MY GOD kalau bahasa alay nya, anak seukuran SMA saat ini masih banyak yang buta peta Indonesia. Ternyata pemahaman spasial anak-anak Indonesia khususnya di tempat saya mengajar masih rendah. Kalau negara Indonesia saja tempat tinggalnya tidak tahu, apalagi kalau disuruh menggambar peta dunia?. Semoga guru-guru geografi di seluruh Indonesia bisa mengecek lagi pemahaman peta siswa tentang Indonesia, karena itu sangat penting untuk mengasah kecerdasan spasial mereka dewasa kelak.

2 Comments to “Tidak tahu Peta Indonesia?????”

  1. wah, padahal anak sma loh ya? -_- . daerah dimana ya?

Leave a Reply

