Lakukan dan biarkan Tuhan bekerja selanjutnya…

by agnassetiawan

Sudah hampir 4 tahun saya hidup sebagai seorang sarjana dan menjadi seorang guru di Kalimantan Selatan.Banyak sekali pengalaman yang rasanya kalau dibuat novel mungkin bisa juga,,,tapi ga usah karena pasti laku. Yang namanya rezeki memang sudah diatur oleh Tuhan dan tidak akan tertukar satu sama lain. Saya bersyukur setelah lulus S1 di tempat kuliah tercinta Universitas Siliwangi, tidak sempat memperoleh label “Nganggur” karena sebelum wisuda saya sudah mengajar (ngehonor) di salah satu Madrasah Aliyah di Tasikmalaya. Dari madrasah itulah awal sejarah profesi guru saya dibentuk dan rasanya ingin menyempatkan main ke sana, namun jarak dan waktu menjadi kendala, mungkin jalannya sudah di hotmik kali ya sekarang, atau masih setelan grass track.

Satu hal yang harus dipahami dalam hidup ini adalah, tantangan merupakan salah satu jalan mengembangkan sebuah profesi dan tugas kita adalah bagaimana memecahkan tantangan tersebut dengan konkret alias kerja yang nyata (maaf ga ada kaitan dengan slogan parpol) dan bukan hanya sekadar ide abstrak yang hanya diputar-putar dalam kepala. Setiap orang pastinya akan memiliki titik usia dimana ia akan menjadi seseorang yang betul-betul dewasa dan mapan. Pertanyaannya, di usia berapa kita mapan, 20an, 30an, 40an atau 60an, itu tergantung dari kerja keras yang kamu lakukan saat ini. Saya bisa menjuarai lomba guru dari mulai tingkat kota, propinsi hingga nasional setelah saya pindah ke Kalimantan  yang ternyata di sinilah hobi menulis saya terbentuk, meskipun masih amatiran. Di Jawa boro-boro bisa nulis di blog, punya blog aja engga.

Jadi ternyata tugas kita hanyalah berkerja sekuat tenaga dan pikiran dan biarkan selanjutnya Tuhan bekerja. Percayalah setiap manusia punya masa nya tersendiri, tinggal apakah masa tersebut dapat kamu percepat atau diperlambat oleh kamu sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: