Para Pencari Skor

by agnassetiawan

Dalam pendidikan formal seperti sekolah, nilai angka merupakan salah satu representasi dari pemahaman tentang materi pelajaran terentu. Kalau dahulu semasa saya, nilai itu range nya antara 0-10, sekarang menjadi 0-100. Dahulu meraih angka 7 saja di raport sudah sangat senang karena memang pendidikan dulu bukanlah pendidikan zaman sekarang.

Saya sekarang menjadi guru dan merasa ada perubahan paradigma dari siswa-siswi tentang apa makna skor/angka dalam ulangan atau raport. Sebagai contoh minggu ini adalah masa Ujian Akhir Sekolah di sekolah tempat saya mengajar. Tujuan utama siswa kini mencari skor adalah hal utama, buka pemahaman atau pengetahuan tentang pelajaran tersebut. Ujian nilai jelek, tinggal remedial, nanti pun nilainya naik walaupun tidak paham. Jika saya melakukan remedial, maka teknik yang saya lakukan adalah lisan, jadi saya bisa mengukur apakah siswa tersebut memang benar-benar belajar dan memahami pelajaran atau tidak. Fenomena yang terjadi banyak siswa yang remedial ASAL-ASALAN, belum baca sudah menghadap gurunya, ditanya tidak bisa!alasannya belum baca?

Lho jadi ngapain mau remedial kalau belum baca?. Inilah fenomena yang saat ini banyak terjadi pada siswa-siswi saya. Tentunya saya sebagai guru sangat khawatir akan hal tersebut, dan saya dengan tegas akan menyuruh mereka untuk membaca dulu sebelum menghadap saya, atau memarahinya jika masih ngotot memaksa. Karakter membaca dan memahami adalah salah satu dari sekian banyak karakter yang harus ditonjolkan dalam pendidikan. Jadi siswa-siswi Indonesia, mulai dari sekarang yang masih malas membaca, harus merubah sifat tersebut mulai dari sekarang. Ada bahkan beberapa siswa yang saya tanya satu soal saja tidak bisa, lantas sudah saja saya tanya “Selama saya mengajar 1 semester ini , materi apa yang kamu pahami tentang geografi?”, ada beberapa siswa yang bahakan tidak menjawab dan melongo tidak jelas. Memang merubah karakter sangat susah, namun sebagai guru saya tetap akan memaksa mereka merubah hal jelek tersebut demi kebaikan mereka sekarang dan di masa yang akan datang.

Leave a Reply

