Pendekatan Geografi

by agnassetiawan

Pendekatan geografi dapat diartikan sebagai suatu metode ilmu geografi yang digunakan untuk menganalisa suatu masalah/gejala/fenomena yang terjadi di permukaan bumi. Pendekatan geografi merupakan bagian dari objek formal geografi.

Memahami pendekatan geografi memang memerlukan waktu yang relatif lama dan harus sering membaca sehingga nantinya ditemukan kunci perbedaan diantara pendekatan tersebut.

Pendekatan geografi saat ini terbagi tiga yaitu

1. Pendekatan keruangan (spasial),

2. Pendekatan lingkungan (ekologi), dan

3. Pendekatan kewilayahan (regional)

Nah bagaimana membedakan ketiga pendekatan tersebut?disini saya akan mencoba menjelaskan sedikit tentang bagaimana cara membedakan ketiga pendekatan tersebut, kalau saya salah bisa dikoreksi di kolom komentar.

Pendekatan utama dan khas dari geografi adalah pendekatan keruangan, sedangkan dua sisanya adalah pendekatan turunan dan penggabungan. Pendekatan keruangan adalah metode pendekatan yang mencoba memahami suatu gejala geosfer dilihat dari segi pola kejadiannya, strukturnya, prosesnya dan keterkaitannya dengan gejala lain. Jadi begini, intinya pendekatan keruangan melihat gejala-gejala yang diawali dari fenomena fisik alam seperti erupsi, gempa, longsor, kemarau kemudian akan mengaitkannya dengan gejala yang timbul kemudian.

1392317224833000932

Erupsi Kelud 2013

Pendekatan ekologi merupakan pendekatan turunan dari biologi, karena di permukaan bumi ada beberapa fenomena yang diakibatkan oleh aktivitas mahluk hidup dan geografi tidak dibekali oleh analisa tersebut makanya dibutuhkan pendekatan ekologi, contohnya fenomena penurunan populasi gajah di Sumatera dapat lebih tajam analisanya jika dibantu oleh ekologi karena disana dipelajari tentang karakteristik hidup hewan beserta habitatnya sedangkan dari sisi keruangan geografi paling hanya dapat melihat penyebaran gajah yang tersisa di sumatera, pola migrasinya dan kondisi fisik tempat hidupnya.

gambar-gajah-sumatra

Gajah Sumatera

Pendekatan kewilayahan merupakan pendekatan gabungan dari keruangan dengan ekologi. Nah ini contohnya seperti ini misalkan ada fenomena kerusakan hutan di WILAYAH LEMBANG, nah selain melihat faktor dan akibat dari kerusakan hutan tersebut di wilayah Lembang maka harus dilihat pula dampak yang akan timbul DI WILAYAH LAIN SEPERTI SUMEDANG, PURWAKARTA dan wilayah lain yang dekat dengan LEMBANG. Jadi dalam kerangka regional, suatu fenomena akan berdampak dari wilayah satu ke wilayah lain.

Itu saja sedikit penjelasan tentang perbedaan pendekatan geografi, saya sebagai guru geografi tentunya juga masih belajar dan membutuhkan saran dari rekan-rekan karena untuk menjelaskan pendekatan geografi kepada murid SMA memerlukan gaya bahasa yang simple dan mudah dimengerti tatanannya oleh siswa. Terimakasih.

 

Sumber:

disini

disini

Sabari Yunus, Hadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: