SAYA SEKARANG MENIKMATI MENJADI SEORANG GURU BLOGGER, BAGAIMANA DENGAN ANDA?

by agnassetiawan

Sekitar 4 tahun yang lalu atau tepatnya pada Mei 2010 saya lulus kuliah dari Universitas Siliwangi Tasikmalaya pada program studi Pendidikan Geografi. Tak lama setelah itu saya menjadi guru hononer di salah satu Madrasah Aliyah di Kabupaten Tasikmalaya. Sekolah tempat saya mengajar letaknya di wilayah desa terpencil di pegunungan dan tentu saja fasilitas internet dan komputer sulit didapat. Jadi ketika itu saya belum pernah sedikitpun tahun dengan namanya blog apalagi cara mengelolanya.

Perkenalan saya dengan yang namanya “Blog” terjadi ketika saya pindah mengajar di wilayah Kalimantan Selatan. Waktu itu tidak pernah terbesit di benak saya untuk punya blog bahkan tata cara menulis pun tidak tahu. Tulisan ilmiah terakhir yang pernah saya buat adalah skripsi dan selebihnya tidak ada. Pertemuan saya dengan blog adalah karena teman saya yang berprofesi sebagai guru Bahasa Indonesia kebetulan saat itu sedang membuka blog dan menulis artikel. Sekolah tempat saya mengajar di Kasel ini memang dilengkapi dengan fasilitas wifi jadi memudahkan guru untuk searching. Karena saya penasaran lalu saya tanya “Itu apa ya?kaya nulis-nulis cerita paragraf gitu?. Ia kemudian menjawab bahwa itu adalah blog punya dia sendiri lalu nanya balik kepada saya “Kamu punya blog ga?, ya saya  jawab “Ga punya, gak ngerti juga cara buatnya”. Lantas ia kemudian “mengejek” saya katanya “Hari gini ga punya blog?”. Saya pun hanya bisa tertawa tapi hal tersebut semakin membuat saya penasaran dan langsung minta ia untuk memberikan tata cara membuat blog di internet, waktu itu ia memberikan cara buat blog di wordpress. Akhirnya pada awal tahun 2012 saya memiliki blog untuk pertamakalinya yaitu agnazgeograph.wordpress.com. Akan tetapi pada saat itu saya masih bingung apa yang akan saya tulis karena belum pernah membuat tulisan-tulisan panjang. Akhirnya karena belum tahun cara menulis yang baik hal pertama yang saya lakukan adalah copas artikel dari blog lain.

Namun lama kelamaan akhirnya teman saya yang guru Bahasa Indonesia memberitahu bahwa dalam menulis kita harus senantiasa memiliki etika tidak boleh sembarang copas. Akhirnya saya mencoba membuat artikel sendiri berisi kegiatan-kegiatan di sekolah meskipun hanya beberapa paragraf. Akhirnya sedikit demi sedikit saya mulai memposting materi terkait pelajaran geografi dan terkumpulah beberapa postingan selama kurang lebih 3 bulan.

Singkat cerita ketika itu bulan Maret 2013 kalau tidak salah, BTIKP Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan lomba TIK dan salah satunya adalah Lomba Blog Guru. Saya kemudian iseng mengikuti lomba tersebut meskipun blog saya masih seumur jagung dan isinya belum terlalu bagus. Ternyata setelah dinilai dewan juri blog saya masuk 10 besar dan harus dipresentasikan di depan dewan juri untuk menentukan pemenang. Saya sangat senang sekali mendengar saya masuk nominasi dan setelah presentasi saya memperoleh juara harapan 1 tingkat propinsi. Itulah prestasi pertama saya selama menjadi guru yaitu juara lomba blog yang sebenarnya baru saya kenal. Berkat prestasi itulah saya semakin besemangat untuk ngeblog sambil belajar menulis. Postingan demi postingan saya buat secara rutin dan akhirnya pada awal tahun 2013 saya membuat blog kedua dengan platform blogspot yaitu geograph88.blogspot.com. Hingga saat ini 2 blog tersebut masih rutin saya kelola secara bergantian ketika waktu senggang disela kesibukan mengajar.

Blog kedua saya yaitu geograph88.blogspot.com berisi tentang materi-materi pelajaran khususnya geografi ditambah beberapa info pendidikan lain. Blog ini juga sempat diikutsertakan pada tahun 2013 di ajang Bandung Awan Pengetahuan Event dan berhasil menjadi juara 1 mengalahkan ratusan blog lainnya dari seluruh Indonesia. Sungguh tak terkira dua blog yang baru saja berusia muda sudah dapat menjuarai lomba padahal sebelumnya saya tidak bisa menggunakan blog apalagi seputar desain web, template dan SEO lainnya.

Dari ngeblog lama kelaman kemampuan menulis saya semakin meningkat dan di akhir tahun 2013 berbekal kemampuan menulis itu saya mencoba ikut ajang Lomba Kreativitas Ilmiah Guru Nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Saya membuat sebuah karya berjudul “Pemanfaatan Kardus Bekas Sebagai Bahan Pembuat Alat Peraga Geografi Sederhana”. Tak disangka lagi setelah lewat penjurian yang ketat, karya tulis saya berhasil masuk nominasi finalis lima besar dan berhak untuk presentasi di depan dewan juri di LIPI Jakarta. Saya menjadi satu-satunya perwakilan guru di Pulau Kalimantan yang lolos ke Jakarta dan sungguh sebuah kebanggaan tersendiri mewakili Propinsi Kalimantan Selatan. Ketika presentasi di Jakarta saya bertemu guru-guru dari seluruh Indonesia dan siswa-siswi yang mengikuti Lomba Karya Ilmiah Siswa. Ini merupakan pengalaman pertama saya mengikuti lomba tingkat nasional. Saya kemudian mempresentasikan hasil karya saya di depan dewan juri yang merupakan peneliti-peneliti senior LIPI. Presentasi layaknya sidang skripsi, juri selalu berupaya menguji mental peserta. Presentasi berakhir dalam waktu kurang lebih satu jam dan tinggal menunggu pengumuman.

Keesokan harinya tibalah pengumuman pemenang untuk setiap kategori dan tak disangka lagi karyal tulis saya mendapat juara 3 kategori guru SMA bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora. Saya tidak menyangka sekali bahwa karya tulis pertama sepanjang sejarah yang saya buat selama menjadi guru dapat meraih juara di tingkat nasional.

Saat ini saya terus mengembangakan kemampuan menulis saya dengan terus ngeblog dan berencana sedang menyusun buku yang berkaitan dengan bidang yang saya ampu yaitu Geografi. Ternyata hal kecil yang tadinya saya belum sama sekali kenal yaitu ngeblog mendatangkan banyak manfaat dan rezeki di kemudian hari. Seperti apa yang Om Jay katakan “Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi”, dan saya telah membuktikannya bahwa menulis selain menambah ilmu dan kompetensi juga dapat mendatangkan rezeki dari hal yang tidak terduga sebelumnya.

Sekarang saya juga membimbing siswa-siswi di sekolah untuk pembuatan karya ilmiah dan baru-baru ini alhamdulillah salah satu karya ilmiah siswa SMA GIBS lolos 10 besar LKTI Semarak Geografi di Universitas Negeri Yogyakarta dan berhak dipresentasikan di depan dewan juri pada 8 November 2014. Itu merupakan karya tulis ilmiah siswa pertama sepanjang sekolah ini berdiri yang lolos sampai tingkat nasional.

xf

Baru 3 tahun ini saya rasakan bahwa menulis memiliki banyak manfaat yang sangat besar bagi seorang guru. Berikut ini saya berikan beberapa manfaat menulis bagi guru berdasarkan pengalaman saya dari ngeblog hingga membuat karya tulis ilmiah.

  1. Menulis membuat ingatan dan pengetahuan seorang guru akan bertambah.
  2. Menulis di media sosial seperti blog akan dibaca oleh masyarakat umum sehingga bisa sebagai wadah sharing dalam hal pendidikan.
  3. Menulis di media sosial dapat menambah teman dan merekatkan silaturrahim sesama guru blogger.
  4. Menulis dapat membuat kemampuan berbahasa dan menulis kalimat seorang guru meningkat.
  5. Menulis dapat menghasilkan karya-karya seperti Karya Tulis Ilmiah, Buku, Hand out dan lainnya.

Begitulah dahsyatnya “Menulis” bagi seseorang asalkan tulisan yang dibuat bermanfaat bagi banyak orang. Jadi jangan ragu untuk rekan-rekan guru yang belum biasa menulis untuk mencoba mengeluarkan apa yang ada dalam pikiran dalam sebuah tulisan walaupun walanya agak sulit seperti saya. Yakinlah akan prinsip “sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit”. Itulah sedikit cerita pengalaman saya di duni blogging dan menulis selama menjadi guru hingga saat ini. “Jadi, saya sekarang menikmati sebagai seorang guru blogger, bagaimana dengan anda?”

Berikut ini kilasan gambar beberapa blog saya dan penghargaan yang telah dicapai dari blog yang saya kelola. Semoga bisa menginspirasi rekan-rekan guru lain untuk mulai menulis di blog dan karya tulis lain. Terimakasih.t

(Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Gerakan Indonesia Terdidik TIK 2014)

klk

198713_493364894016381_1739740529_n

klkl

klklk

klklkl

hjkk

Leave a Reply

