Konsep Ketahanan Pangan

by agnassetiawan

Indonesia sebagai negara yang kaya akan daerah pertanian merupakan suatu anugerah dan salah atu hal yang harus mampu diwujudkan dengan dasar fakta tersebut adalah terwujudnya ketahanan pangan. Apakah anda sering mendengar atau melihat di berita televisi mengenai harga beras naik?harga cabai naik?kedelai langka di pasaran?. Lalu apakah fenomena tersebut menandakan Indonesia sudah memiliki ketahanan pangan?.

Tentu saja hal tersebut masih jauh dan perlu kerja keras semua pihak untuk mewujudkannya. Menurut UU No. 7 tahun 1996, ketahanan pangan dapat didefinisikan sebagai suatu kondisi terpenuhinya pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari: 1) tersedianya pangan secara cukup, baik dalam jumlah maupun mutunya, 2) aman, 3) merata dan 4) terjangkau. Dari pengertian tersebut maka esensi dari ketahan pangan ialah:

1. Terpenuhinya pangan dengan kondisi ketersediaan yang cukup, diartikan sebagai ketersediaan pangan dalam arti yang luas, mencakup pangan yang berasal dari tanaman dan ternak untuk memenuhi kebutuhan atas karbohidrat, protein, lemak dan mineral serta turunannya yang bermanfaat bagi pertumbuhan kesehatan manusia.

2. Terpenuhinya pangan dalam kondisi yang aman, diartikan bebas dari cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat menggangu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia serta aman dari kaidah agama.

3.  Terpenuhinya pangan dengan kondisi yang merata diartikan bahwa pangan harus tersedia setiap saat dan emrata di seluruh pelosok negeri.

4. Terpenuhinya pangan dengan kondisi terjangkai artinya pangan mudah diperoleh konsumen dengan harga yang terjangkau semua lapisan ekonomi.

1342929662133883958

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: