Jenis Tanah di Indonesia

by agnassetiawan

Tanah merupakan salah satu unsur penting dalam kehidupan mahluk hidup khususnya manusia di bumi. Jenis tanah di bumi ini beranekaragam karena faktor-faktor tertentu seperti lingkungan. Lalu tanah apa saja yang banyak terdapat di Indonesia dan apakah kamu mengetahui tanah yang ada di sekitarmu?.

Berikut ini penjelasannya

1. Tanah Podzolik Merah Kuning

Tanah ini terbentuk dari batuan yang mengandung kuarsa dengan curah hujan di atas 2.500 mm per tahun. Sifat tanah ini adalah basah ketika huja dan penyebarannya adalah di wilayah pegunungan Nusa Tenggara.

2. Tanah Organosol

Tanah ini terbentuk dari bahan organik seperti gambut dan rumput rawa pada iklim basah dengan curah hujan diatas 2.500 mm per tahun. Sifat dari tanah ini tertutup oleh hutan rawa gambut dan rumput rawa. Penyebaran tanah ini di wilayah pantai timur Sumatera dan wilayah barat dan selatan Kalimantan.

3. Tanah Aluvial

Tanah ini berasal dari enadapan lumpur sungai dan memiliki sifat subur dan cocok untuk pertanian. Tanah ini banyak terdapat di Sumatera bagian timur, Jawa bagian utara dan Kalimantan bagian selatan.

4. Tanah Kapur

Tanah ini berasal dari batuan kapur dan umumnya terdapat di wilayah pegunungan kapur tua. Tanah ini bersifat tidak subur dan mudah larut. Penyebaran tanah ini adalah di Pegunungan Sewu, Blora dan Pegunungan Kendung.

5. Tanah Vulkanis

Tanah ini berasal dari pelapukan batuan vulkanis baik dari lava maupun endapan lahar dingin. Sifat tanah ini sangat subur dan penyebarannya terdapat di Jawa, Sumatera, Bali dan wilayah yang memiliki gunung api.

6. Tanah Pasir

Tanah ini berasal dari batu pasir yang telah mengalami pelapukan. Sifat tanah ini kurang subur dan penyebarannya terdapat di pantai Barat Sumatera Barat, Jawa Timur, Sulawesi dan Yogyakarta.

7. Tanah Humus

Tanah ini berasal dari tumbuh-tumbuhan yang telah melapuk dan mengalami pembusukan. Sifat tanah ini sangat subur dan banyak terdapat di wilayah hutan Indonesia.

8. Tanah Laterit

Tanah ini banyak mengandung besi dan alumunium dan dahulunya subur namun mengalami pencucian akibat erosi. Sifat tanah ini adalah tidak subur dan banyak terdapat di Jakarta, Banten, Kalimantan Barat dan Pacitan.

istock_soil

 

 

 

 

 

 

Sumber:

Departemen Pertanian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: