Educate….Yes Do it

by agnassetiawan

Minggu pagi sepulang nongkrong di kosan teman, saya menyempatkan diri pergi ke bengkel motor karena ada sedikit kerusakan di bagian rem depan sehingga perlu ganti kampas. Cuaca Banjarmasin hari ini seperti biasa panas dan singkat cerita setelah beli kampas saya duduk di depan toko yang pemiliknya adalah keturunan Cina.

Saya duduk dan mengamati di dalam toko sang pemiliki toko yaitu ibu-ibu dan ada dua anaknya yaitu satu laki dan satunya perempuan. Saya perhatikan anak laki-laki duduk di atas kasur yang “dipaksa” disediakan ditengah himpitan onderdil motor. Lalu anak perempuannya duduk sambil membawa buku yang saya tebak itu adalah buku LKS alias lembar kerja siswa mapel matematika. Ada tiga aktivitas yang ibu itu lakukan di toko kala itu: pertama adalah melayani pembeli, kedua adalah memberi makan anak dan ketiga adalah membantu anaknya mengerjakan LKS. Saya yang duduk di depan toko sedikit mendengar percakapan antara anak dan ibu yaitu sang ibu tengah mengajari anaknya hitungan dasar matematika. Educate?Yes, do it in everywhere as long as you can do that!. Pendidikan kunci penting membangun generasi bangsa dan sudah seharusnya setiap keluarga terutama orang tua memahami tentang arti pendidikan dimana pun ia berada entah itu sedang bekerja atau sedang melakukan apapun. Pendidikan yang kuat di keluarga dan dikombinasikan dengan pendidikan di sekolah tentu akan menghasilkan anak yang kuat dan tangguh dalam berbagai situasi. Ya, mungkin hal itu lah yang membuat Cina bisa berkembang pesat saat ini. Siapkah Indonesia menyusul?

20150927_112038

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: