Ragam Profesi

by agnassetiawan

Jumat lalu saya pulang dari Bekasi ke Majalengka untuk liburan, mumpung long weekend. Seperti biasa saya pulang pakai bis dari terminal Bekasi. Bis jurusan Bekasi Majalengka tidak ada bisa besar hanya bis kecil dan tentunya tanpa AC. Sepanjang perjalanan, bis tersebut beberapa kali berhenti entah itu di perempatan, terminal bayangan atau sebelum pintu tol.

Ada fenomena unik, yaitu setiap bis berhenti pasti ada pedagang masuk dan menawarkan berbagai macam jenis produk. Ada yang jual lap kanebo, lampu sorot, pulpen, alat tulis, alat rumah tangga dll. Saya mengamati mereka sangat pandai dan fasih menawarkan produk dan tidak kalah dengan marketing perusahaan.

Nampaknya kemampuan public speaking saya masih kalah dengan mereka. Setiap mereka menjajakan produk, pasti saja ada satu atau dua orang yang beli. Saya pikir ini adalah prinsip matematika peluang, dan tugas seseorang adalah berusaha mencoba berusaha sisanya biarkan Tuhan yang ngatur. Saya melihat meskipun produk-produk tersebut tidak menarik namun bagi orang lain itu bermanfaat. Jadi memang setiap usaha apapun selama dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan membuahkan hasil. Selamat bekerja.

Leave a Reply

