Banjir Jakarta selalu terjadi setiap tahun

by agnassetiawan

Sudah lama saya tidak menulis di blog ini dan kali ini saya akan coba menjelaskan tentang fenomena yang rutin terjadi di Jakarta setiap tahun yaitu banjir. Banjir adalah suatu kondisi dikarena limpasan air jauh lebih besar di banding kapasitas infiltrasi sehingga air meluap dan tidak dapat tertampung ke dalam tanah atau saluran air. Mengapa Jakarta selalu banjir tiap tahun?.

Saya melihat banyak sekali ekspektasi berlebihan masyarakat terkait banjir Jakarta ini. Ada yang ingin banjir tidak akan pernah terjadi lagi secepatnya alias kunfayakun. Sebenarnya banjir di Jakarta adalah permasalahan kompleks dan tidak akan bisa selesai bahkan mungkin tidak akan pernah selesai mengingat kondisi fakta tata ruang Jakarta saat ini. Beberapa fakta yang harus dipahami masyarakat terkait banjir di Jakarta adalah sebagai berikut:

  1. Sejak jaman kolonial, Jakarta sudah banjir jika musim hujan tiba.
  2. Jakarta adalah muara belasan bahkan puluhan sungai dari pegunungan di Jabodetabek.
  3. Jakarta secara geografis terletak di dataran rendah. Logikanya air kalau hujan di Bogor (hulu) ya pasti turun semua ke dataran rendah.
  4. Tata ruang Jakarta sejak dahulu asal-asalan, jadi bukan salah era pemerintahan sekarang.
  5. Kenapa masyarakat dari dulu dibiarkan bangun rumah pinggi sungai. Logika ceteknya kan namanya sungai itu kiri-kanannya harus steril untuk memperlancar aliran air. Maksa bangun?. Ya salah sendiri kalau memang banjir kemudian.
  6. Pendangkalan sungai terjadi karena erosi di hulu, sampah, limbah dan lain-lain. Silahkan tanya salah siapa?.
  7. Gorong-gorong di Jakarta sempit tidak seperti di Tokyo atau London yang sebesar lapangan bola.
  8. Jakarat permukaannya turun setiap tahun karena faktor beban pembangunan beton dan lain-lain.

Itulah sekelumit fakta tentang Jakarta. Jadi yang namanya banjir di Jakarta adalah adalah kompleks alias kombinasi faktor alam dengan kesalahan tata ruang dan budaya. Semua faktor tersebut harus disikapi bijak dan tidak saling menyalahkan karena yang ada hanya memicu keributan yang akhirnya akan digunakan oknum buat politik. Hal sederhana yang bisa kita lakukan saat ini adalah dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, tidak bangun rumah di pinggir sungai, rajin bersihkan got gotong royong, jangan kerja terus cari duit tapi lingkungan tidak diperhatikan. Oke.

solusi-mencegah-banjir-jakarta

Banjir itu biasa bro, santai aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: