Archive for ‘tentang saya’

July 16, 2017

Blog Baru

by agnassetiawan

Menjadi blogger memang banyak suka dukanya. Saya mengawali terjun blogging mulai tahun 2012, tak terasa sudah hampir 5 tahun. Dari blogging itulah saya bisa banyak dapat teman baru, prestasi dan hingga bisa menerbitkan buku. Blog wordpress ini merupakan blog pertama saya jadi tidak pernah akan saya lupakan apalagi dihapus. Blog kedua saya yaitu geograph88.blogspot yang sudah malang melintang di search engine harus saya relakan karena dicuri hacker. Mungkin iri dengan trafik dan bisnis online blog saya. Tapi saya tak patah semangat, blog bisa dicuri tapi tekad dan keyakinan tidak bisa dicuri. Bagi yang biasa baca artikel saya di blog geograph88 kini saya hadir di blog baru yaitu gurugeografi.id. Materinya masih seputar geografi, cerita-cerita dan segala hal terkait pendidikan.

June 6, 2017

Toilet indikator kualitas pendidikan

by agnassetiawan

Toilet, siapa yang tidak butuh ruangan ini. Setiap fasilitas umum pasti memiliki toilet untuk menunjang kegiatan manusia di sekitarnya. Lalu apa hubungannya antara toilet dengan kualitas pendidikan?

Ada slogan yang mengatakan bahwa salah satu keberhasilan suatu pendidikan itu bisa dilihat dari kondisi toilet. Toilet bersih berarti pendidikannya baik begitupun sebaliknya. 

read more »

May 20, 2017

Cuaca Panas Sekali

by agnassetiawan

Akhir-akhir ini, cuaca di kota Bekasi sangat panas sekali. Siang hari suhu mencai 30 derajat C ke atas dan malam hari pun sama. Saya baca berita di BMKG dan mendapatkan sebuah informasi tentang cuaca panas tersebut. Menurut BMKG, cuaca panas akhir-akhir ini karena Indonesia sudah mulai masuk musim kemarau. Artinya ini musim pancaroba. Jika kemarin sudah sering banjir maka kali ini kita harus waspada kekeringan. Cuaca panas memang bisa membuat kelembaban tinggi dan itu memengaruhi kinerja otak kita. Jadi yang di rumahnya belum punya AC seperti saya, siap-siap saja gerah di siang dan malam hari.

February 21, 2017

Flood Came Again

by agnassetiawan

Flood is naturally comes in heavy rain condition. Now, during Januay, February until March is a peak of rain seasons in Indonesia especially Java. Starting at midnight, rains was dropped very heavy and until morning, there were still rains. Then I went to my school, floods were everywhere. It was terrible and many cars, bikes, couldn’t run very well. School activities were free regarding the weather condittions.

January 17, 2017

Juara Lagi, gara-gara menulis

by agnassetiawan

Di awal tahun ini saya mendapatkan rezeki tak terkira lagi dari Tuhan yaitu dengan bisa menjuarai lomba guru menginsiprasi yang diselenggarakan Erlangga beberapa bulan lalu. Lomba ini saya ikuti bulan Oktober dan saya pikir saya ga juara karena sampai bulan Desember ga ada pengumumannya. Eh barusan pagi hari, ternyata ada telepon masuk dari Erlangga bahwa saya menjadi pemenang lomba tersebut. Sungguh tak menyangka dan sangat mengagetkan. Ternyata hobi menulis dari dulu sampai sekarang pasti membuahkan hasil. Meskipun blog saya sebelumnya dicuri tapi saya tetap komitmen untuk menjadi seorang guru blogger. Ini trofi keempat saya di bidang kepenulisan nasional setelah terakhir tahun 2013 saya menjuarai lomba seperti ini. Mari menulis kembali.

sd

December 30, 2016

Blog Dicuri

by agnassetiawan

Dunia ini memang ada saja ceritanya dan tidak disangka-sangka. Blog legendaris saya geograph88 dicuri hacker 2 bulan lalu. Padahal blog tersebut sudah punya lebih dari seribu artikel lebih dan banyak followernya. Jengkel, tentunya pasti tapi mau gimana lagi. Saya juga memang tidak mengetahui tentang fitur baru verifikasi 2 langkah di google. Jadinya password saya bisa diketahui dan langsung hilang saja.

Tapi, blogging sudah menjadi bagian hidup dan saya tidak menyerah. Sebagai ganti blog tersebut, saya buat kembali blog baru yaitu https://gurugeogaul.blogspot.co.id/. Isinya masih materi geografi dan beberapa cerita hidup. Jadi kawan-kawan yang sekarang ini punya blog berbasis blogger, segera aktifkan verifikasi dua langkah sebelum dimaling seperti saya.

October 22, 2016

Pekan Outing Unity School Bekasi

by agnassetiawan

Selama sepekan ini seluruh civitas akademik Unity School Bekasi mulai dari SD, SMP dan SMA melakukan kegiatan outing class di berbagai lokasi. SD melaksanakan kegiatan di Observatorium Boscha Lembang, SMP kelas VII dan SMA kelas X di Markas Angkatan Udara Bogor, SMP kelas VIII dan SMA kelas XI di Desa Pentingsari Jogjakarta dan SMP kelas IX dan SMA kelas XII di Puncak Bogor.

Kegiatan ini merupakan agenda sekolah tahunan dan dilaksanakan untuk memberikan nuansa berbeda dalam sisi pembelajaran. Inti dari semua acara outing ini adalah agar anak-anak diajak untuk lebih peka terhadap kondisi sekitar dan menumbuhkembangkan rasa kebersamaan dan memupuk diri agar menjadi pribadi yang tangguh di masa sekarang dan masa depan. Kegiatan ini juga bertujuan agar anak-anak tidak bosan belajar di kelas dan mendapatkan suasana baru dengan belajar di alam terbuka. Untuk foto-foto kegiatan nanti saya upload menyusul minggu depan. Baca juga: Tips Jadi Guru Yang Disukai Murid

October 11, 2016

Mengejar Nilai UN

by agnassetiawan

Pendidikan di Indonesia memang masih jauh dari konsep memanusiakan. Banyak sekolah yang mengejar hanya angka di akhir. Sekolah merasa bangga jika nilai UN nya bagus padahal masih banyak sisi lain yang lebih penting dari pendidikan untuk menjadi alat evaluasi. Percuma nilai UN bagus tapi sampah masih berserakan di sekolah. Percuma rangking satu tapi sopan santun tidak pernah ditampilkan.

Saya teringat dulu saat ngajar di sekolah lain, ada program intensif UN malam hari. Bayangkan aja, siswa disuruh ke sekolah malam hari cuma buat latihan bahas soal UN dan gurunya juga disuruh ke sekolah. Mata sudah ngantuk, cape, malam itu waktunya istirahat. Kalaupun belajar ya belajar aja sambil santai di kamar atau di rumah juga bisa. Bayangkan, hanya untuk menggejar nilai saja. Dan tahukah hasilnya juga tetap aja jelek lalu guru yang disalahkan.

Beginilah kalau konsep pendidikan sudah kerasukan setan angka. Di saat negara lain sudah merombak sistem pendidikannya menjadi pendidikan berbasis kreatifitas kita masih sibuk ngurus skor ga jelas. Kita mendewakan sistem pendidikan Finlandia katanya, padahal lu tau ga kalau pendidikan Finlandia juga akarnya dari buku Ki Hajar Dewantara. Kita aja yang ga pernah baca tu buku guru pendidikan Indonesia. Baca juga: Peran Geografi Sebagai Ilmu

October 9, 2016

Cuaca Sukar Diprediksi?

by agnassetiawan

Akhir-akhir ini hujan deras mengguyur Jabodetabek khususnya sore hari. Lantas apakah memang sekarang itu sudah masuk musim penghujan?. Pertanyaannya adalah apakah pola hujan di Indonesia bisa diprediksi teratur?. Jawabannya adalah tidak. Bagi orang awan tentu seringkali ketika melihat fenomena cuaca yang sulit diprediksi adalah sebuah tanda adanya perubahan iklim. Memang beberapa benar, tapi tahukan anda bahwa yang namanya atmosfer itu adalah suatu sistem yang rumit.

Dulu ketika saya masih SD sekitar tahun 90-2000an, sore hari pada bulan antara Januari sampai Mei, cuaca pasti cerah dengan angin sepoy-sepoy dan itu adalah waktunya musim layangan. Anak jaman sekarang pasti ga pernah tau ramenya musim layangan. Tapi sekarang, cuaca sangat cepat berubah. Banyak faktor yang memengaruhi cuaca di Indonesia termasuk salah satunya siklus bumi itu sendiri. Kalian tentu pernah nonton Ice Age?. Kita sekarang ini sedang berada di zaman interglasial atau zaman antar es dan entah suatu saat nanti pasti akan ketemu lagi zaman es (jutaan tahun kemudian mungkin). Jadi anda tak usah khawatir dengan gejala cuaca yang sulit diprediksi saat ini, karena di HP anda sudai tersedia prakiraan cuaca. Lalu faktor apa yang memengaruhi cuaca di Indonesia?. Baca lebih lengkap di link berikut: Karakteristik Iklim di Indonesia

October 2, 2016

Open House Unity School Bekasi 2016

by agnassetiawan

Hari ini Unity School Bekasi mengadakan acara open house pertama di sekolah. Pada acara kali ini ditampilkan beberapa kreasi siswa-siswi Unity School dari tingkat TK, SD, SMP, SMA mulai dari pameran pendidikan, bazar, student perfomance. Acara berlangsung dari pukul 8.30 hingga pukul 12.30. Tujuan dari open house ini adalah untuk mengenalkan visi misi dan kegiatan pendidikan di Unity School. Sebagai sebuah institusi pendidikan, tentunya Unity School terus berupaya meningkatkan kualitas sebagai lembaga pendidikan yang nantinya mampu mencetak generasi kuat dan handal bagi Indonesia. Open house selanjutnya akan dilakukan tahu depan di luar sekolah. Berikut cuplikan acara tadi siang