Batuan dan Jenisnya

Batuan merupakan bahan utama pembentuk lapisan kerak bumi. batuan berasal dari magma yang berada di dalam perut bumi. batuan dapat didefinisikan sebagai bahan bentukan alam yang tersusun atas satu atau beberapa mineral dan bersifat padat dan keras. Di bumi ini ada berbagai jenis batuan yang dapat dijumpai dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan hidup. Berdasarkan cara pembentukannya batuan dibedakan menjadi 3 jenis yaitu batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf.

1. Batuan beku adalah batuan yang terbentuk akibat magma yang membeku ketika di dalam perut bumi atau sudah di luar permukaan bumi. Batuan beku yang membeku ketika masih dalam perut bumi dinamakan batuan beku intrusif, sedangkan yang membeku di luar permukaan bumi dinamakan batuan beku ekstrusif. Contoh batuan beku adalah granit dan batu apung.

Granite
Granit
batuapung
Batu apung

2. Batuan sedimen adalah batuan yang terbentuk karena proses pengendapan oleh bantuan air, angin atau tenaga lainnya. Contoh batuan sedimen adalah konglomerat dan breksi.

Konglomerat
Konglomerat
Batu Breksi
Breksi

3. Batuan metamorf adalah batuan yang telah mengalami perubahan bentuk fisik maupun kimia diakrenakan pengaruh suhu dan tekanan yang sangat tinggi. Batuan metamorf dapat berasal dari batuan beku atau atau batuan sedimen. Contohnya batu marmer yang berasal dari batu kapur.

marble
Marmer

2 comments

Leave a comment